Selasa, 24 Januari 2012

Cara membuat lagu

# Cara membuat lagu #

Cara membuat lagu...hehehe..caranya gampang banget semua orang juga bisa yang penting tahu caranya.
Sekarang saya akan memberikan sedikit cara paling mudah membuat lagu,dari berbagai cara yang ditawarin orang dalam membuat lagu mungkin cara saya yang paling mudah dan bisa dicoba bagi siapa saja.
Tapi walaupun mudah latar belakang anda juga harus mendukung yaitu anda harus suka nyanyi meskipun suara anda jelek...gak apa-apa.



Okey..!sekarang kita mulai..
Pertama-tama anda harus menulis lirik lagu,untuk menulis lirik lagu ini tidak ada batasan yang menghalangi anda pokoknya terserah anda yang terpenting segala yang ada di benak/pikiran anda harus di tulis kedalam kertas.Terkadang ada yg sulit menulisnya hal ini biasanya karena terlalu memilih kata-kata yang tepat,padahal dalam hal kata-kata gak perlu pilih-pilih sesuka anda saja yang penting tersusun dan dapat dimengerti oleh yang baca.

Isi lirik lagu juga bisa bikin orang bingung mau menulisnya,saya kasih tahu sebaiknya isi lirik lagu itu terinfirasi dari kenyataan yang anda alami,atau khayalan yang anda inginkan,hal ini akan membuat anda mudah untuk menulis lirik.Seperti lagu -lagu saya di blog ini semua terinsfirasi dari kenyataan atau diambil dari nama teman saya untuk dijadikan judul lagu dsb.

Selanjutnya setelah anda selesai menulis lirik,sekarang anda ambil alat perekam atau rekam pakai HP aja biar gampang,kemudian mulailah anda menyanyi sesuai dengan irama yang anda karang sendiri sesuka anda,atur tinggi rendahnya irama lagu yang anda nyanyikan sambil anda rekam suara anda,dan lakukan cara ini beberapa kali lalu pilih irama lagu yang mana yang menurut anda enak untuk di dengar.

Setelah irama lagu sudah anda pilih,kini anda buatkan musiknya,kalau saya sarankan paling gampang pakai gitar aja (karena saya bisanya pake gitar)atau alat musik lainnya yang anda kuasai bisa juga minta tolong teman yang bisa mainin alat musik,caranya dengarkan beberapa kali suara rekaman lagu anda kemudian anda cari chords gitarnya sambil anda nyanyikan sedikit-sedikit.

Pada saat anda mencari chords gitar untuk lagu anda sebaiknya anda sambil memperbaiki irama,intonasi dan tinggi rendahnya irama agar terdengar lebih enak.Jika chords sudah anda dapatkan ,anda nyanyikan lagi dengan diringi gitar lalu rekam.Untuk mendapatkan irama dan aransement yg bagus anda harus mengulang-ulang dan mencoba beberapa gaya musik yg lebih cocok dengan irama anda sambil anda rekam suara anda.

Nah sekarang anda sudah bisa menciptakan lagu pertama anda dan silakan anda perdengarkan kepada teman-teman anda dan  minta penilaian dari mereka ,bagus atau tidak hasil karya anda.
sambungannya klik disini

Okey selamat mencoba
Mc Pray

29 komentar:

  1. Setuju, kadang saya juga gunakan langkah itu!
    Kalau sudah jadi rekaman diiringi gitar, saya bisa bantu untuk mengaransemen menambahkan instrumen2 musik lainnya. Hubungi 083827820315, atau kunjungi Lagubagusku.com

    BalasHapus
  2. Thanks, saya belum pernah buat esok saya coba

    BalasHapus
  3. saya ingin nyoba tapi saya tidak dapat bermain alat musik. jadi saya agak sedikit bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak papa yang penting bisa nulis lirik sama nyanyi..langsung rekam aja minta teman untuk cariin cord lagunya..beres..

      Hapus
  4. mau belajar gitar? silahkan unduh pelajaran gitar bhs Indonesia GRATIS di www.gitarzoom.blogspot.com

    BalasHapus
  5. susah bung tiap di aransemen atau d robah nadanya pasrti syairnya juga harus d ubah,kadang d kurangin kadang juga d tambahin.
    trus gmana dong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah berarti salah tuh kuncinya ..klo saya sudah dapet kunci gitarnya ,mau di aransemen apapun pasti pas.

      Hapus
  6. membut lagu itu harus ada juga keinginan dari hati.

    BalasHapus
  7. pengen bikin lagu biar jadi musisi :)

    BalasHapus
  8. Suatu saat pasti musik indonesia bisa berada di posisi atas dari semua negara amin :D

    BalasHapus
  9. Sebenernya lagu indonesia enak enak di dengar kaga kalah jauh ama lagu luar negri :)

    BalasHapus
  10. semoga aja lagu indonesia bisa maju

    BalasHapus
  11. mudah juga ya !!! thnk infonya !!

    BalasHapus
  12. Saya ikut menyimak aja mas, Semoga musik di indonesia bisa maju terus.

    BalasHapus
  13. saya punya lagu ciptan sendiri ni...tpi saya rekam pky gitar aja,,,,g mna y cra y biar bisa ada alat musik yg lain y

    BalasHapus
  14. cara yang sangat patut buat dicoba nih ..

    BalasHapus
  15. kalo nyari nada gimana tuh caranya

    BalasHapus
  16. Hallo aku masih sedikit bingung kalo tentang lirik

    BalasHapus