Jumat, 06 Juli 2012

cara membuat lagu 2

#Cara membuat lagu 2#

Di artikel yang lalu sudah saya berikan cara-cara membuat lagu dengan cara yang sangat mudah semudah-mudahnya sekarang saya akan memberikan bagaimana caranya membuat irama dan chord pada lagu tersebut buat anda yang belum mengerti chord gitar sebaiknya liat-liat dulu bagaimana bentuk chord gitar tersebut  dan bagi yang udah tahu kita lanjuuttt..



Saya tidak begitu mahir dalam bermain gitar dan juga gak begitu banyak menghafal chord-chord gitar oleh karena itu mungkin yang saya lakukan akan sangat sederhana sekali tetapi buat saya hasilnya lumayan seperti chord yang ada di lagu saya ini (dalam blog ini)

Seperti biasa tangga nada terdiri dari ;

C-D-E-F-G-A-B-C tangga nada
   1-1-1/2-1-1-1-1/2 jarak antar nada

Kalau sudah tahu sekarang kita lihat rumusnya yaitu; Scale
Banyak sekali scale tapi saya lebih senang menggunakan scale mayor yaitu:

I= mayor
II=minor
III=minor
IV=mayor
V=Dominant
VI=minor
VII=Diminished

dengan rumus diatas kita bisa menentukan kunci dasar umpamanya C=Do atau D=Do atau E=Do
pokoknya terserah anda sukanya maen di kunci mana.Kalau sudah ditentukan kuncinya contohnya C=Do
maka sesuai rumus menjadi :
C = mayor => C
D = minor => Dm
E = minor => Em
F = mayor => F
G= dominant => G
A = minor => Am
B = diminished =>Ddim

Jadi susunananya adalah C-Dm-Em-F-G-Am-Ddim
nah dari sini kita bisa mencoba bernyanyi dengan tangga nada tersebut dengan kunci C=do nadanya hanya seputar itu saja kalau ada tambahan ya..paling hanya sedikit tapi gak lepas dari ke tujuh tangga nada tersebut.
contoh D=do
D-E-F-G-A-B-C
menjadi: D-Em-Fm-G-A-Bm-Cdim
dan seterusnya....
Dan biasanya nada dasar adalah nada yang I (tapi gak mutlak cocokan dengan suara anda) dan nada yang rendah di posisi V  sedangkan nada yang tinggi di posisi IV
Contoh : C=do
Nada dasar = C
Nada rendah =G
Nada Tinggi = F
Untuk perpindahan dari dasar ke rendah atau ke tinggi biasanya juga ada nada penghubung untuk nada penghubung ini anda hanya perlu mencoba beberapa tangga nada yang sudah ada.contoh C ke F maka nada penghubungnya bisa G atau G7 dan sebagainya silakan nada coba sendiri.
coba anda nyanyikan pasti enak di dengarnya...begitu seterusnya ini sebagai patokan dasar saja prakteknya bisa berubah sesuai dengan suara anda dan irama lagu anda tapi gak keluar dari ke tujuh nada tersebut.

Untuk kunci yang lain silakan anda urutin sendiri seperti contoh di atas...

Oke selamat mencoba dan mohon maaf klo ada yang lebih pinter dari saya mohon masukannya..terima kasih

(mc pray)


5 komentar:

  1. Nice info,, makasih ya.. boleh di coba nih.. hehe

    BalasHapus
  2. kalau pakai not balok gimana bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo not balok blom ane coba neh..masih ada di dalam kepala ane caranya...ntar klo dah ane coba dan berhasil baru deh ane kasih tau..oke..

      Hapus
  3. min, aku ada buat lirik lagu ne, tp ga bisa kasih nada,
    ada yg mau bantuin gk?
    atau ada yg mau bayar lirik aku.

    BalasHapus