Selasa, 25 Februari 2014

Membuat Notasi lagu

Membuat Notasi Lagu


Alhamdulillah,saya dapat ilmu lagi walaupun gak pake les musik mau tau ilmu saya " Cara membuat notasi lagu".

Seperti biasa saya akan memberikan teknik dan cara yang paling gampang,saya sendiri aja dapat ilmunya juga gampang ,mau tau..lanjut...


Cara ini saya dapat gara- gara ada pesanan lagu pake not angka,saya sempat bingung juga,karena saya belum bisa membuatnya.Tapi saya iseng latihan eh..ternyata gampang banget bikin not angka ,gak sampe setengah jam kelar satu lagu,mau tau..lanjuut lagi.

Caranya begini:
1. Banyakin latihan solmisasi yaitu do- re- mi- fa- sol- la- si- do. Sebanyak mungkin supaya bisa tau perbedaannya,tinggi rendahnya nada dan yang penting coba diresapi setiap bunyi not tersebut,karena tiap not yang bunyi sebenarnya dia sedang" berbicara dan bernyanyi" untuk anda.Jadi anda harus mengerti bahasa not dan coba anda terjemahkan dengan bahasa anda.

2.Lagu yang akan dibuatkan not angka harus sudah ada kunci / chord gitarya( sebenarnya gak ada juga boleh) hal ini untuk di jadikan patokan nada dasar.seperti contoh: kunci C ,untuk kunci ini kita akan mulai mencari dari nada " do " atau diantara irama lagunya pasti ada beberapa nada " do" coba deh kalo gak percaya.

3.Mulai mencoba dengan sedikit menyanyikan satu kalimat dari lagu,lalu cari nadanya dimulai dari nada kunci gitar tadi,coba di petik.contohnya " ce aminor deminor ke ge ke ce lagi" ingetkan lagu ini? nah kalau kita tulis nadanya jadi:
1   1  1   6       6   1   2   2         5  5  6 7 1
C A Minor      D Minor ke       G ke C lagi

Kalau kita lihat pertama adalah kunci C dan yang kita pake nada 1= Do dan yang minor nada 6= La dan yang G = 5= sol dst.

Jadi jika anda mencoba tiap nada, solmisasi inipun bisa berbicara kepada anda dengan suara yang rendah,lembut ataupun suara yang tinggi ,tergantung dari lagu yang anda buat.Mulailah resapi dan terjemahkan setiap nada dengan bahasa anda,mudah-mudahan tercipta suatu notasi yang menarik buat lagu anda.
Silakan anda coba dan jangan lupa banyakin latihan.

penulis 
mc pray

"Jangan copy paste kecuali sebutin sumbernya :http://juallirik.blogspot.com"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar